Site news

 
 
Picture of Administrator E-Learning PNC
Dikti Minta Kampus Selenggarakan Kuliah Online untuk Cegah Penyebaran Corona
by Administrator E-Learning PNC - Wednesday, 18 March 2020, 1:02 PM
 

JAKARTA- Plt Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam mengimbau perguruan tinggi untuk melakukan perkuliahan jarak jauh bilamana di daerah kampus tersebut ada kasus positif virus corona.

"Dan bila di suatu daerah itu sudah ada kasus positif, maka dianjurkan untuk pembelajaran dari rumah dan sekarang bisa dari online. Nanti kita imbau masing-masing kampus untuk bisa mengambil langkah yang cepat untuk menghindari penyebar luasan virus," kata Nizam di Poin Four Hotel, Makassar, Jumat malam (13/3).

Ia juga mengimbau agar pihak kampus meningkatkan kewaspadaan guna menghadapi penyebaran virus tersebut. Misalnya dengan menjaga kesehatan di lingkungan kampus maupun civitas akademika.

"Yang pertama itu membiasakan hidup sehat jadi cuci tangan sebelum masuk kelas, tidak bersentuhan, kemudian juga kegiatan-kegiatan berkumpul itu dihindari dikurangi, wisuda kalau perlu ditunda," terang Nizam.

Nizam menekan bahwa kegiatan belajar di rumah merupakan wewenang masing-masing rektor di perguruan tinggi. Namun hal itu mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan Kemendikbud untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Keputusan ada di Rektor, tapi dari surat edaran Mendikbud kan sudah jelas kalau kondisinya aman apa yg harus dilakukan, kondisinya sendang apa yg harus dilakukan dan kondisi apa yang harus dilakukan," jelasnya.

Nizam pun kembali menekan bahwa kegiatan yang menghimpun massa dalam jumlah banyak untuk sementara dihindari.

"Bukan libur ya tapi belajar dari rumah, dengan cara online dengan e-learning dan sebagainya. Kemudian wisuda juga sebaiknya dihindari sampai keadaan terkendali dengan baik," tuturnya.